Jakarta, Bank Sleman berhasil memperoleh penghargaan bergengsi di bidang Information Teknologi (IT), berupa penghargaan “TOP DIGITAL Awards Implementation 2019 on BPR Sector Level Star 3” yang dihelat Majalah ItWorks bekerja sama dengan sejumlah TI & TELCO dan Independent Consultant.

Acara puncak kegiatan TOP DIGITAL Awards 2019 berlangsung di Golden Ballroom, The Sultan Hotel Jakarta hari ini dengan dihadiri oleh 700 audience. Beberapa Pimpinan Kementerian & Lembaga, Gubernur, Walikota, Bupati, CEO serta IT Manager hadir dalam acara ini, untuk menerima penghargaan.

Direktur Utama PD BPR Bank Sleman (Bank Sleman) Muhammad Sigit, SE, M.Si memaparkan upaya dan terobosan yang telah dilakukannya dalam mengimplementasikan dan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sebuah solusi.

Dikatakannya, ada dua aplikasi andalan Bank Sleman yang belum lama ini diterapkan, yaitu: AO Mobile Bank Sleman dan Mobile Collection. Dengan AO Mobile Bank Sleman, proses pengajuan kredit bisa lebih cepat. Selain itu, proses pengajuan pinjaman yang semula dilakukan secara manual kini berubah menjadi berbasis sistem dan tentunya paperless. Manfaat lainnya adalah memudahkan petugas dalam mengelola pengajuan kredit yang masuk. Dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa fitur seperti: riwayat pinjaman, simulasi kredit, pengajuan kredit dan data pengajuan online.

Sedangkan Mobile Collection dibuat untuk mempermudah para petugas dalam proses input setoran melalui smartphone dan EDC. Ini dimaksudkan agar layanan jemput bola semakin efektif dan nasabah langsung mendapat bukti setoran tanpa harus datang ke kantor. Di saat yang sama, petugas bisa langsung melakukan input setoran. Beberapa fitur dalam aplikasi Mobile Collection antara lain: input setoran, laporan rekapitulasi keseluruhan dan laporan closing harian. Ada juga SMS Blast atau SMS Masking. ini merupakan layanan kepada para nasabah untuk informasi tagihan, promosi bahkan ucapan selamat ulang tahun.

“Dari sisi teknologi, kami berusaha untuk maju. Dimulai dari internal kami menggunakan teknologi. Informasi apapun dengan program paperless, informasi melalui email-email internal yang setiap saat semua pegawai bisa mengakses,” papar Muhammad Sigit. (des)