Jakarta--Bank Sleman kembali meraih prestasi bergengsi pada event TOP BUMD 2020 yaitu Top of The Top BUMD 2020 yang diselenggarakan oleh Majalah TopBusiness bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), dan beberapa asosiasi dan konsultan bisnis bertempat di Golden Ballroom – The Sultan Hotel Jakarta, Kamis 27 Agustus 2020.

Acara penganugerahan TOP BUMD Awards diselenggarakan dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan, dan dihadiri oleh 470 peserta (masih dibawah 50% kapasitas Ballroom) termasuk Kepala Daerah dan TOP Manajemen BUMD seluruh Indonesia. Untuk tahun 2020 ini, tema yang diangkat adalah “Strategi Keberlangsung Bisnis BUMD di era New Normal”. Proses seleksi penjurian berlangsung ketat, dari 163 BUMD Finalis dengan total peserta sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 119 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian yang telah diselenggarakan secara online, sejak 16 Maret – 8 Juni  2020. Jika dibandingkan dengan penyelenggaraan TOP BUMD Award 2019, kepesertaan BUMD di tahun 2020 meningkat 7%.

Dalam keynote speech-nya, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mendorong agar BUMD melakukan “Gerakan Sinergi BUMD” yakni sinergi antar BUMD, dan sinergi BUMD dengan BUMN. “Para Kepala Daerah, harus untuk terus membina, mengarahkan, dan memfasilitasi BUMD agar terus berkembang serta mampu meningkat kinerja dan layanannya, untuk membangun daerah, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional di masa normal baru,” tegas Wapres. Apresiasi diberikan Wapres atas penyelenggaraan kegiatan penghargaan TOP BUMD Awards. Melalui kegiatan ini dapat memacu kinerja dan layanan BUMD, guna mendukung percepatan pembangunan ekonomi di daerah dan pemulihan ekonomi nasional. Turut hadir dalam acara ini Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam pidatonya menilai pentingnya pemerataan pembangunan melalui penguatan kinerja BUMD di seluruh Indonesia. BUMD memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. Jika pembangunan berjalan lebih merata, maka persatuan dan kesatuan nasional akan tetap terjaga. (des)