Relationship Manager

Relationship Manager, bertugas mencari debitur, melakukan penjualan dan mengadministrasikan pengajuan kredit atau pembiayaan.

Agunan/Jaminan/Bortoght

Aset yang dijadikan sebagai nilai pertanggungjawaban dari kredit bila terjadi wanprestasi dapat diperjualbelikan berdasarkan kesepakatan agar terjadi penyelesaian kredit pada pokok hutang.

Akta Jual Beli (AJB)

Akta Jual Beli, Akta dengan legalisasi hukum dalam proses jual beli atas tanah

Akta Pemberian Hak Tanggunan (APHT)

Akta Pemerian Hak Tanggunan Akta bermaterai khusus untuk melaksanan perintah pembuatan SHT.

Aplikasi Kredit

Aplikasi permohonan kredit debitur kepada bank sebagai persyaratan wajib dengan mengisi biodata permohonan.

Batas wewenang Memutus Kredit (BWMK)/Batas Wewenang Memutus Pembiayaan (BWMP)

Wewenang untuk memutus kredit dengan batasan sesuai dengan ketentuan bank.

Buku Register Kas Operasional (BRKO)

Pencatatan setiap transaksi penerimaan dan pengeluaran dana kas operasional

Cash In Save

Asuransi Kas dana kas operasional bila melebihi ambang batas ketentuan

Cash in Transit (CIT)

Asuransi untuk dana transfer bila melebihi ketentuan yang berlaku

Collector/Kolektor

Tugas penagihan dan maintaince debitur/nasabah

Cost of Credit (COC)

Biaya yang dikeluarkan bila terjadi tunggakan sebagai NPAT kepada Bank Indosia karena terjadinya tunggakan pinjaman

Credit Administrasi

Credit Administrasi. Bertugas dalam melakukan verifikasi data dan mengadministrasikan seluruh data kredit

Credit Officer/Analisis Pembiayaan Unit/Credit Analis/Credit Reviewer/Financing Officer

Credit Officer, bertuga dalam menganalisis pengajuan pinjaman debitur

Daily Collection activity report

Laporan aktivitas harian penagihan kolektor

Daily sales activity report

Laporan aktivitas harian penjualan sales

Deviasi

Fasilitas untuk melakukan banding terhadap approval atau persetujuan dimana terdapat kriteria yang bukan merupakan bagian dari keputusan pemimpin tertentu.

Denominasi

Rincian uang fisik berdasarkan nominal masing-masing pada laporan denominasi

Disposible Income (DI)

Pendapatan Kotor setelah dikurangi biaya oprasional usaha dan rumah tangga serta kewajiban-kewajiban pasiva lainnya.

Day Past Due (DPD)/Aging tunggakan

Jatuh tempo angsuran dengan kolektibilitas tunggakan 1-30 hari, 31-90 hari, 90 hari keata keterlambatan

Fraud

Penyimpangan atau penyalahgunaan tindak kecurangan dalam melakukan standar operasional dalam bentuk penyelewengan dana dan kebijakan

Gross profit margin (GPM)

Perbandingan antara HPP dan harga penjualan dalam persen untuk menentukan besaran keuntungan

Harga Pokok Penjualan (HPP)

Harga Pokok Penjualan, Haga beli barang dengan nilai harga pasar untuk dijual kembali

Hutang Dagang (Account Payable)

Kewajiban usaha yang muncul akibat menggunakan fasilitas kredit pembelian barang dalam jangka waktu tertentu harus dibayarkan kembali kepada kreditur

Installment to Disposible Income (IDIR)/RC/RCR

Pendapatan bersih setelah dikurangi dengan beban kewajiban pasiva. Angsuran Pinjaman Exiting + Angsuran Pinjaman Now / DI x 100 maksimal 80% sd 70%

Menghasilkan Calon debitur hanya bisa menggunakan pendapatan bersih usaha sebanyak 80% sd 75% sudah termasuk kewajiban angs exiting dan angs now.

Inventory DOH (Days on Hand)

Stok barang di tangan yang akan mengalami perputaran dalam hari setelah dilakukan penjualan makan makan akan dilakukan kembali pembelian. Perbandingan antara Inventori usaha / Hpp Usaha x 30hari, menghasilkan berapa lama barang usaha tersebut laku/terjual (hari).

Asset Convertion Cycle (ACC)

Perputaran barang modal kerja dalam konversinya untuk menjadi uang dalam bentuk penerimaan dan pengeluaran.

WI Need 

WI Need = DOH Inventori + DOH Piutang Dagang – DOH Hutang Dagang /30hari X HPP menghasilkan seberapa banyak kebutuhan modal usaha sesunggugnya atas DOH inventori + DOH piutang dagang – DOH hutang datang dibagi 30hari dan dikali kan dengan jumlah harga pokok barang usaha dan muncullah kebutuhan modal usaha tersebut (Rp).

DI                     

Sisa penghasilan bersih dari usaha Non gaji – Angsuran Pinjaman Exiting – Angsuran pinjaman Now, menghasilkan Seberapa (Rp) banyak keuntungan bersih usaha.

DBR                 

Angsuran Pinjaman Now / Laba Kotor Usaha x100 Maksimal 25% Sd 20%

Menghasilkan calon debitur hanya bisa mnggunakan maksimal 25% sd 20% dari hasil laba kotor usaha atau kebalikan dari pada IDIR.

DSR                  

Angsuran Pinjaman Now + Angsuran pinjaman Exiing / Laba kotor usaha x100 Maksimal 40% sd 35%

Menghasilkan calon debitur hanya boleh menggunakan 40% sd 35% dari laba kotor guna membayar kewajiban lain baik berupa angs exiting atau angs pinjaman now.

Tabungan adalah uang simpanan nasabah

Tabungan berarti simpanan nasabah yang penarikannya dapat dilakukan dengan syarat tertentu yang sudah disepakati. Tabungan ini tidak bisa ditarik dengan cek, bilyet giro, dan/atau alat lainnya.

Transfer adalah jasa pengiriman dari satu rekening ke rekening lain

Transfer adalah jasa pengiriman uang dari pemilik satu ke pemilik rekening lain atau bahkan pemilik rekening yang sama. Transfer ini bisa dilakukan dari satu kota ke kota lainnya atau kota yang sama dalam mata uang Rupiah maupun asing.

Personal Identification Number (PIN) jadi nomer rahasia

Personal Identification Number atau disingkat dengan PIN, yaitu nomor rahasia yang dimiliki pemegang kartu yang merupakan produk perbankan, seperti kartu kredit, kartu ATM, kartu debet, dan sebagainya. Nomor kode bisa diberikan oleh bank, perusahaan pembiayaan, ataupun dibuat oleh pemegang kartu. Untuk PIN, usahakan hanya kamu yang tahu dan jangan kamu beritahukan orang lain.

Kartu debet dapat digunakan untuk transaksi

Kartu debet yaitu kartu yang dikeluarkan bank bersangkutan untuk membayar transaksi dan/atau menarik sejumlah dana dari rekening pemegang kartu yang tertera menggunakan PIN. Kartu debet biasanya diberikan oleh bank ketika kamu membuka rekening. Kartu debet ini juga oleh kebanyakan orang disebut dengan kartu ATM.

Kartu kredit bisa sebagai alat pembayaran

Kartu kredit didefinisikan sebagai kartu yang diterbitkan bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak kepada seseorang dengan persyaratan tertentu untuk digunakan sebagai alat pembayaran. Meski memberikan kemudahan, kamu harus disiplin dan jangan gegabah ya karena menggunakan kartu kredit bisa jadi bumerang jika tidak bijak.

Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM ialah mesin dengan sistem komputer dengan menggunakan kartu magnetik bank berkode atau bersandi. Dengan mesin ini, nasabah bisa menabung, mentransfer dana rekening, melakukan transaksi, pembayaran tagihan, mengambil uang tunai, dan sebagainya.

Bunga bank

Bunga bank atau bank interest adalah imbalan yang diberikan bank untuk nasabah karena dana yang disimpan di bank tersebut. Besaran imbalan itu dihitung berdasarkan persentase dari pokok simpanan dan jangka waktu simpanan atau tingkat bunga yang dikenakan terhadap pinjaman yang diberikan bank untuk debiturnya.

Cek dan giro

Cek merupakan surat berharga yang disebut juga dengan peintah tertulis dari nasabah ditujukan kepada bank untuk menarik dana dengan jumlah tertentu atas nama atau atas unjuk. Sementara giro berarti surat berharga yang penarikannya bisa dilakukan sesuai dengan tanggal tertera menggunakan bilyet giro.

Bilyet 

Bilyet berarti nota, formulir, dan bukti tertulis lain yang bisa membuktikan transaksi berisi perintah membayar atau keterangan.

Kredit

Kredit ialah penyediaan uang atau tagihan berdasarkan kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan peminjam melunasi utangnya dalam jangka waktu tertentu.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) 

LPS merupakan badan hukum penyelenggara kegiatan penjaminan atas simpanan nasabah.

Safe deposit box

Safe deposit box adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat berharga. Kotak penyimpanan ini dirancang khusus dari baja serta ditempatkan dalam ruangan kokoh, tahan api, serta tahan bongkar.

Deposito jadi salah satu jenis investasi dari perbankan

Deposito yaitu simpanan nasabah yang penarikannya bisa dilakukan hanya pada waktu tertentu yang sudah disepakati antara bank dan nasabah. Deposito memiliki kelebihan dibandingkan dengan tabungan walau sama-sama menyimpan uang. Bagi kamu yang menginginkan suku bunga yang lebih tinggi untuk memperkaya uang kamu maka deposito bisa jadi pilihan.

Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya;  

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak;

Bank Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran; 

Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran;

Simpanan adalah dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada bank berdasarkan perjanjian penyimpanan dana dalam bentuk giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu; 

Giro adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya, atau dengan pemindahbukuan;

Deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian Nasabah Penyimpan dengan bank;

Sertifikat Deposito adalah simpanan dalam bentuk deposito yang sertifikat bukti penyimpanannya dapat dipindahtangankan;

Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut Syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu;

Surat Berharga adalah surat pengakuan utang, wesel, saham, obligasi, sekuritas kredit, atau setiap derivatifnya, atau kepentingan lain, atau suatu kewajiban dari penerbit, dalam bentuk yang lazim diperdagangkan dalam pasar modal dan pasar uang;

Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga; 12. Pembiayaan berdasarkan Prinsip Syariah adalah penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tabungan setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil;

Prinsip Syariah adalah aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dan pihak lain untuk penyimpanan dana dan atau pembiayaan kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang dinyatakan sesuai dengan syariah, antara lain pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah), pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakahl, prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah), atau pembiayaan barang modal berdasarkan prinsip sewa murni tanpa pilihan (ijarah), atau dengan adanya pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina);

Penitipan adalah penyimpanan harta berdasarkan perjanjian atau kontrak antara Bank Umum dan penitip, dengan ketentuan Bank Umum yang bersangkutan tidak mempunyai hak kepemilikan atas harta tersebut;

Wali Amanat adalah kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh Bank Umum untuk mewakili kepentingan pemegang surat berharga berdasarkan perjanjian antara Bank Umum dengan emiten aural berharga yang bersangkutan;

Nasabah adalah pihak yang menggunakan jasa bank;

Nasabah Penyimpan adalah nasabah yang menempatkan dananya di bank dalam bentuk simpanan berdasarkan perjanjian bank dengan nasabah yang bersangkutan;

Nasabah Debitur adalah nasabah yang memperoleh fasilitas kredit atau pembiayaan berdasarkan Prinsip Syariah atau yang dipersamakan dengan itu berdasarkan perjanjian bank dengan nasabah yang bersangkutan;

Kantor Cabang adalah kantor bank yang secara langsung bertanggung jawab kepada kantor pusat bank yang bersangkutan, dengan alamat tempat usaha yang jelas di mana kantor cabang tersebut. melakukan usahanya;

Bank Indonesia adalah Bank Sentral Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang yang berlaku;

Pimpinan Bank Indonesia adalah pimpinan sebagaimana dimaksud dalam Undangundang yang berlaku;

Pihak Terafiliasi adalah:

a. anggota Dewan Komisaris, pengawas, Direksi atau kuasanya, pejabat, atau karyawan bank;

b. anggota pengurus, pengawas, pengelola atau kuasanya, pejabat, atau karyawan bank, khusus bagi bank yang berbentuk hukum koperasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku; c. Pihak yang memberikan jasanya kepada bank, antara lain akuntan publik, penilai, konsultan hukum dan konsultan lainnya; 

d. pihak yang menurut perdamaian Bank Indonesia turut serta mempengaruhi pengelolaan bank, antara lain pemegang saham dan keluarganya, keluarga Komisaris, keluarga pengawas, keluarga Direksi. keluarga Pengurus. 

Agunan adalah jaminan tambahan yang diserahkan Nasabah Debitur kepada bank dalam rangka pemberian fasilitas kredit atau pembiayaan berdasarkan Prinsip Syariah;

Lembaga Penjamin Simpanan adalah badan hukum yang menyelenggarakan kegiatan penjaminan atas simpanan Nasabah Penyimpan melalui skim asuransi, dana penyangga, atau skim lainnya;

Merger adalah penggabungan dua bank atau lebih, dengan cara tetap mempertahankan berdirinya salah satu bank dan membubarkan bank-bank lainnya dengan oleh tanpa melikuidasi;

Konsolidasi adalah penggabungan dari dua bank atau lebih, dengan cara mendirikan bank baru dan membubarkan bank-bank tersebut. dengan atau tanpa melikuidasi;

Akuisisi adalah pengambilalihan kepemilikan suatu bank;

Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya.”

Dormant account

Jika sudah pernah membuka tabungan, mungkin kamu familiar dengan istilah perbankan yang satu ini. Dormant account merupakan istilah lain dari rekening pasif yang sudah tidak memiliki aktivitas dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu hingga sebuah rekening mendapatkan status dormant bervariasi, tergantung pada kebijakan bank.Biasanya, kebijakan bank adalah kurang lebih enam bulan dari aktivitas terakhir di rekening tersebut.

Jatuh tempo pembayaran

Istilah perbankan ini digunakan untuk menggambarkan tanggal yang ditentukan sebagai batas akhir pembayaran transaksi ataupun piutang.Istilah jatuh tempo pembayaran identik dengan pembayaran tagihan kartu kredit atau cicilan lain yang harus dibayarkan setiap bulannya oleh nasabah.Jika tidak membayarkan biaya terutang pada tanggal jatuh tempo, maka biasanya akan terdapat sanksi yang diberikan oleh pihak bank.

Pinjaman Berjangka (PB)

Produk pinjaman untuk nasabah yang membutuhkan pembiayaan modal kerja yang bersifat permanen, musiman, atau berdasarkan kontrak.

BCL (Surat Konfirmasi Bank)

Surat konfirmasi bank (BCL) adalah surat dari bank atau lembaga keuangan yang mengkonfirmasikan adanya pinjaman atau jalur kredit yang telah diberikan kepada peminjam.

Daftar Hitam Nasional

Daftar yang merupakan kumpulan Daftar Hitam Individual Bank (DHIB) yang berada di bank Indonesia yang datanya berasal dari Kantor Pengelola Daftar Hitam Nasional (KPDHN) untuk diakses oleh bank.

Jaminan Bank (Bank Guarantee)

Akad sewa menyewa antara pemilik obyek sewa termasuk kepemilikan terhadap Jaminan pembayaran, apabila pihak yang dijamin tidak memenuhi kewajibannya

Kotak Simpanan (Safe Deposit Box)

Jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh, tahan bongkar dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan memberikan rasa aman bagi pengguna.

Daftar Tidak Lulus (DTL)

Daftar yang ditatausahakan oleh OJK yang memuat pihak-pihak yang mendapat predikat tidak lulus dalam uji kemampuan dan kepatutan terhadap pemegang saham, pemegang saham pengendali, anggota dewan komisaris, anggota direksi, dan pejabat eksekutif.

Mudharabah

Akad kerja sama suatu usaha antara pihak pertama (malik, shahibul mal, atau bank Syariah) yang menyediakan seluruh modal dan pihak kedua ('amil, mudharib, atau Nasabah) yang bertindak selaku pengelola dana dengan membagi keuntungan usaha sesuai dengan kesepakatan yang dituangkan dalam Akad, sedangkan kerugian ditanggung sepenuhnya oleh Bank Syariah kecuali jika pihak kedua melakukan kesalahan yang disengaja, lalai atau menyalahi peraturan.

Musyarakah

Akad kerja sama di antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu yang masing-masing pihak memberikan porsi dana dengan ketentuan bahwa keuntungan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan, sedangkan kerugian ditanggung sesuai dengan porsi dana masing-masing.

Murabahah

Akad Pembiayaan suatu barang dengan menegaskan harga belinya kepada pembeli dan pembeli membayarnya dengan harga yang lebih sebagai keuntungan yang disepakati.

Salam

Akad Pembiayaan suatu barang dengan cara pemesanan dan pembayaran harga yang dilakukan terlebih dahulu dengan syarat tertentu yang disepakati.

Istishna'

Akad Pembiayaan barang dalam bentuk pemesanan pembuatan barang tertentu dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang disepakati antara pemesan atau pembeli (mustashni') dan penjual atau pembuat (shani')

Ijarah

Akad penyediaan dana dalam rangka memindahkan hak guna atau manfaat dari suatu barang atau jasa berdasarkan transaksi sewa, tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan barang itu sendiri.

Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik (IMBT)

Akad penyediaan dana dalam rangka memindahkan hak guna atau manfaat dari suatu barang atau jasa berdasarkan transaksi sewa dengan opsi pemindahan kepemilikan barang.

Qardh

Akad pinjaman dana kepada Nasabah dengan ketentuan bahwa Nasabah wajib mengembalikan dana yang diterimanya pada waktu yang tela disepakati.

Wadi'ah

Akad penitipan barang atau uang antara pihak yang mempunyai barang atau uang dan pihak yang mempunyai barang atau uang dan pihak yang diberi kepercayaan dengan tujuan untuk menjaga keselamatan, keamanan, serta keutuhan barang atau uang.

Walk In Customer (WIC)

Pengguna jasa bank yang tidak memiliki rekening pada bank tersebut, tidak termasuk pihak yang mendapatkan perintah atau penugasan dari nasabah untuk melakukan transaksi atas kepentingan nasabah tersebut

Purchase & assumption

Sebuah metode resolusi penanganan bank gagal dimana pembeli (Assuming Bank) membeli sebagian atau seluruh aset Bank Gagal serta mengambilalih sebagian atau seluruh kewajiban bank.

Bank perantara

Bank umum yang didirikan oleh Lembaga Penjamin Simpanan untuk digunakan sebagai sarana resolusi dengan menerima pengalihan sebagian atau seluruh aset dan/atau kewajiban Bank yang ditangani Lembaga Penjamin Simpanan, selanjutnya menjalankan kegiatan usaha perbankan, dan akan dialihkan kepemilikannya kepada pihak lain

Program restrukturisasi perbankan

Program yang diselenggarakan untuk menangani permasalahan perbankan yang membahayakan perekonomian nasional

Bank Sistemik

Bank yang karena ukuran aset, modal, dan kewajiban; luas jaringan atau kompleksitas transaksi atas jasa perbankan; serta keterkaitan dengan sektor keuangan lain dapat mengakibatkan gagalnya sebagian atau keseluruhan Bank lain atau sektor jasa keuangan, baik secara operasional maupun finansial, jika Bank tersebut mengalami gangguan atau gagal.

Likuidasi bank

Proses penyelesaian seluruh hak dan kewajiban bank sebagai akibat dari pencabutan izin usaha dan pembubaran badan hukum bank

KSSK

Komite Stabilitas Sistem Keuangan, Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (UU PPKSK), beranggotakan Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan.

Peraturan Lembaga Penjamin Simpanan

Peraturan Lembaga Penjamin Simpanan adalah peraturan yang ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan dalam rangka penjaminan serta penyelesaian dan penanganan Bank Gagal sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini