Sleman- Bank Sleman resmi melaunching E-Retribusi Punglor Smartpay untuk pembayaran retribusi pasar pada Senin, 22 Maret 2021 di Kantor Pusat Bank Sleman. Launching E-Retribusi dilaksanakan oleh Bupati Sleman sekaligus sebagai Pemegang Saham Pengendali Bank Sleman secara simbolis di depan tamu undangan yang terdiri dari Wakil Bupati Sleman, Ketua DPRD Kabupaten Sleman, beberapa Pejabat Kabupaten Sleman terkait dan perwakilan pedagang pasar. Sebelumnya acara diawali dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembayaran E-retribusi Pasar di Kabupaten Sleman antara Bank Sleman dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini diwakili oleh Disperindag Kabupaten Sleman.

Nama PUNGLOR diambil dari nama satwa burung yang hidup di Lereng Gunung Merapi merupakan salah satui kon Kabupaten Sleman. PUNGLOR dapat diartikan PUNGGAWA SAKING LOR (baca: punggawa dari Utara) dimana Kabupaten Sleman terletak di sebelah Utara wilayah Provinsi DIY.

“Tujuan diluncurkannya E-retribusi ini untuk membantu memudahkan pedagang pasar dalam pembayaran retribusi pasar dengan cara autodebet dari rekening tabungan sekaligus hal ini upaya dalamr angka mendukung program implementasi transaksi non tunai” tutur M. Sigit, Dirut Bank Sleman

Dalam sambutannya Bupati Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya Pemkab Sleman optimalisasi BUMD untuk kemudahan dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. Selain memudahkan pemungutan dan pengelolaan retribusi lebih cepat dan akuntabel. (Des)